31.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pemkab Tamiang Sembuhkan Ribuan Sapi dari PMK

KARANG BARU | ACEH INFO – Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Aceh Tamiang mulai berkurang, bahkan sebanyak 1.259 sapi yang terpapar virus tersebut telah berhasil disembuhkan.

Kepala Hubungan Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Azwanil Fakhri mengatakan, sapi yang sakit akibat terpapar virus tersebut tersebar di 12 kecamatan.

Masing-masing kecamatan tersebut yaitu Bandar Pusaka, Sekerak, Kota Kuala Simpang, Tamiang Hulu, Tenggulun, Karang Baru, Seruway, Bendahara, Banda Mulia, Manyak Payed, Rantau, dan Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang.

“Tidak ada jumlah sapi mati yang bertambah akibat PMK, total masih 13 sapi yang mati,” ujar Azwanil, Jumat, 20 Mei 2022.

Azwanil menambahkan, saat sekarang ini Penyakit Mulut dan Kaki mulai membaik di Kabupaten Aceh Tamiang, bahkan satuan tugas penanganan penyakit itu terus meng-update data dalam setiap harinya.

Tujuannya agar bisa diketahui upaya pengobatan berupa pemberian vitamin dan vaksin untuk sapi berjalan dengan baik. Buktinya dalam sepekan terakhir banyak sapi yang sembuh, serta langkah pencegahan juga terus dilakukan.

“Pencegahan dilakukan dengan melarang semua angkutan hewan ternak masuk ke Kabupaten Aceh Tamiang dan penutupan pasar hewan. Tim terpadu satuan tugas penanganan pencegahan PMK juga setiap hari pro aktif mendatangi peternak di seluruh kecamatan,” tutur Azwanil.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS