26.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Penyaluran KUR di Aceh Capai Rp 4,33 Triliun

LANGSA | ACEH INFO – Selama tahun 2023  Aceh menerima kuota KUR sebesar Rp4,39 triliun, realisasinya mencapai 98,63 persen, yakni Rp4,33 triliun dari kuota yang diberikan dan disalurkan kepada 65.676 debitur. Tahun 2024 kuota KUR di Aceh meningkat menjadi Rp4,56 triliun.

Hal itu disampaikan Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan Edukasi dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Roesdaniel Ibrahim pada acara roadshow edukasi keuangan dan branding program penyaluran KUR dan Ultra Mikro untuk Masyarakat Aceh (KURMA) di Langsa, Selasa, 28 Mei 2024.

Sementara itu untuk Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) pada 2023 di Provinsi Aceh juga mencatat pencapaian yang mengesankan dengan penyaluran sebesar Rp262,10 miliar kepada 56.602 debitur, meningkat signifikan dari capaian tahun 2022 sebesar Rp156,50 miliar dengan jumah debitur sebanyak 35.971 orang.

“Tahun ini, OJK mem-branding program penyaluran KURMA agar semakin banyak masyarakat Aceh mengenal dan memanfaatkan pembiayaan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas usahanya,” kata Roesdaniel.

Baca Juga: Merawat Budaya Islami Aceh Dalam Meurukon

Penjabat (Pj) Walikota Langsa Syaridin menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Ia menyatakan Pemerintah Langsa akan mendukung penuh percepatan akses keuangan bagi masyarakat Langsa, khususnya melalui program KURMA dan literasi keuangan syariah.

Syaridin juga menekankan pentingnya peran pelaku usaha dalam perekonomian daerah dan mengimbau mereka untuk memanfaatkan KUR dengan bijak serta membayar sesuai akad pembiayaan. Ia mengajak semua pihak terkait untuk terus bersinergi mendukung UMKM agar tercipta ekosistem usaha yang kondusif dan kompetitif.

Hal yang sama disampaikan Pj. Bupati Aceh Timur Mahyudin pada acara yang sama di di Gedung Serbaguna Pendopo Bupati Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. Ia menegaskan komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, terutama bagi masyarakat kecil, dengan memanfaatkan strategi untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Baca Juga: Nazar Ajak Rakyat Aceh Cerdas Memilih Pemimpin

Mahyudin berharap para debitur program KUR dapat memanfaatkan dana pinjaman dengan baik, membayar tepat waktu sesuai akad pembiayaan, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi syariah yang diharapkan.

Pencapaian penyaluran KUR di Kota Langsa oleh Bank Aceh, BSI, dan Pegadaian dari awal tahun sampai dengan Mei 2024 ini mencapai Rp53,49 miliar kepada 726 debitur.  Sementara itu, capaian penyaluran KUR di Kabupaten Aceh Timur oleh Bank Aceh, BSI, Pegadaian dan PNM sampai dengan Mei 2024 mencapai Rp55,51 miliar kepada 863 debitur.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS