31.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pesan Terakhir Dahlan Selaku Ketua Dewan

BANDA ACEH | ACEH INFO – Jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh yang sebelum dijabat Dahlan Jamaluddin resmi berganti kepada Saiful Bahri pada Senin, 21 Maret 2022. Pergantian pucuk pimpinan legislatif tersebut secara resmi dinyatakan dalam sidang paripurna DPRA yang dipimpin langsung oleh Dahlan Jamaluddin

Sidang pergantian Ketua DPRA usulan Partai Aceh (PA) tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan DPA Partai Aceh Nomor 196/KPTS-DPA/III/2022 tentang usulan pergantian Ketua DPRA sisa masa jabatan 2019-2024. Sidang tersebut juga dilakukan berdasarkan keputusan rapat Badan Musyawarah DPRA.

Baca: PA Tunjuk Pon Yahya Sebagai Ketua DPRA Pengganti Dahlan

Dalam sidang tersebut, Dahlan menyatakan dapat menerima dengan ikhlas usulan pergantian dirinya sebagai Ketua DPRA. Dia mengatakan usulan pergantian pimpinan DPRA merupakan kewenangan dari partai politik yang diatur dalam Pasal 36 ayat (2) huruf d dan ayat (3) huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tatib DPRD/DPRK.

“Izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata dalam sidang terakhir yang saya pimpin ini,” kata Dahlan.

Dia mengatakan, DPR Aceh adalah lembaga politik pemegang mandat rakyat Aceh. Sebagai anggota parlemen Aceh gerak langkah anggota dewan dalam menjalankan mandat rakyat didasari oleh aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Jabatan bukanlah warisan, dan bukan sesuatu yang dapat diwariskan. Jabatan politik bukanlah hadiah, tetapi merupakan amanah dan tanggung jawab untuk memperjuangkan aspirasi rakyat menjalankan cita-cita luhur, menegakkan keadilan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Baca: Pon Yaya “Tanggy Buloh” dari Pemanggul Senjata Diusul Jadi Ketua DPRA

Dia mengatakan ketika pimpinan partai politik tempatnya bernaung selama ini telah memutuskan untuk mengganti posisinya sebagai Ketua DPRA, maka selaku kader, Dahlan mengaku tunduk dan patuh terhadap perintah pimpinan. “Sebagai seorang politisi Partai Aceh yang notabene lahir dari ruh perjuangan, saya akan selalu memegang teguh sikap sebagai seorang pejuang. Siap untuk memimpin dan siap pula untuk dipimpin,” tegas Dahlan Jamaluddin yang disambut tepuk tangan anggota DPRA berhadir.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS