28.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Pramuka Kwarcab Aceh Timur Gelar Kursus Mahir Tingkat Dasar

IDI | ACEH INFO – Gerakan Pramuka Kwartil Cabang (Kwarcab) Kabupaten Aceh Timur menggelar Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD)  mulai 14 hingga 20 November 2023 di Balai Diklat Kabupaten Aceh Timur.

Acara bertema “Pembina yang berkarakter Aceh Timur Unggul” itu dibuka oleh Pj. Bupati Aceh Timur, Ir. Mahyuddin, M. Si selaku selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) dan diikuti oleh seratusan peserta dari SMA/SMK, MA/MTs, SMP dan SD dalam Kabupaten Aceh Timur.

Pj Bupati Mahyuddin dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Timur. Ia juga mengapresiasikan penghargaan yang diraih oleh Kwartir Cabang Aceh Timur pada hari Pramuka ke-62 yang mendapatkan peringkat ke III Kwarcab tergiat se-Aceh tahun 2023.

“Kami mengharapkan kepada seluruh unsur Kwarcab Aceh Timur untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan kepramukaan agar pada tahun berikutnya bisa meraih peringkat tertinggi untuk Aceh,” imbaunya.

Baca Juga: Jubir MTA Harap Dewan Hentikan Manuver Politik

Mahyuddin juga berpesan kepada seluruh jajaran di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab)Aceh Timur untuk mendukung sepenuhnya kegiatan Kepramukaan yang ada di Kwarcab Aceh Timur.

Sementara Ketua Kwarcab Aceh Tmur Saiful Basri, S.Pd. M.Pd yang diwakili Sekretaris Kwarcab Dr. Firman Dandy, SE, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Timur, serta seluruh anggota pramuka Aceh Timur, yang karena kolaborasi dan sinergi yang baik membuat Pramuka Aceh Timur bisa meraih penghargaan Pramuka Tergiat III se-Aceh tahun 2022.

“Pencapaian di tahun 2022 ini mudah-mudahan bisa melecut semangat kita semua untuk meraih peringkat kedua atau bisa sampai peringkat pertama tahun depan. Kami mengimbau agar seluruh peserta agar mengikuti kegiatan KMD selama 6 hari ke depan dengan fokus dan bersemangat, karena dengan ilmu yang didapatkan selama pelatihan mudah-mudahan bisa menjadi bekal utama para pembina semuanya untuk mencetak kader pramuka tangguh di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Jurnalis Ikut Pelatihan SEO dan Konten Digital

Firman Dandy menambahkan, KMD merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis, membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi Perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega.

Selain itu kata Firman Dandy, KMD diisi oleh pelatih nasional dan daerah Aceh, seperti: Ir. Abdurrahman Ardo, MM, M. Pd (Konsultan khusus), Bambang Iskandar Martin (Pemimpin Kursus Kelas A), Mahyuzar, S.Pd (Pemimpin Kursus Kelas B), Hermanto, SP (Pelatih Nasional), T. Saiful Fahmi (Pelatih Daerah Aceh), Kusnadi, S. Pd (Pelatih Kwarcab Lhok Seumawe), Nurnaningsih, S. Ag (Pelatih Kwarcab Lhok Seumawe), juga dibantu oleh pelatih pendamping dari Kwartir Cabang Aceh Timur.

Pembukaan KMD turut dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Aceh yang di wakili oleh Koordinator Wilayah (Korwil) I Ir. Abdurrahman Ardo, MM, M.Pd, Kapusdiklatda Aceh Hermanto, SP,  Kawarcab Aceh Timur, Saiful Basri, S.Pd. M.Pd, jajaran Forkompinda Aceh Timur, Kankemenag Aceh Timur H Salamina, S.Ag, MA, Kacabdin Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Timur Rahmatsah Putra, S.Pd, serta para pengurus Pramuka Kwarcab Aceh Timur.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI