26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Sejak Bertugas Hingga Jelang Pensiun, JKN Selalu Layani Ainul dengan Baik

LANGSA | ACEH INFO – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diluncurkan oleh pemerintah menanggung pembiayaan berbagi jenis penyakit mulai dari gejala yang dirasakan hingga perlu untuk mendapatkan tindakan operasi.

Oleh sebab itu, kini masyarakat mulai mempercayakan dirinya kepada jaminan kesehatan yang dapat menjamin kesehatannya apabila sewaktu-waktu jatuh sakit seperti yang dialami Ainul Mardiah (59).

Ainul sehari-hari ia disapa, merupakan guru di Kota Langsa yang tidak lama lagi akan memasuki masa pensiun tepatnya pada tahun depan.

Menurutnya, terdaftar sebagai peserta Program JKN membuat ia tidak terlalu khawatir jika ada biaya pengobatan yang akan timbul dikemudian hari.

“Sangat tenang rasanya sejak memasuki zaman BPJS Kesehatan ini, sakit tinggal diantarkan ke klinik ataupun ke rumah sakit. Sebelum ada program ini semua orang pasti sangat berfikir jika ingin pergi ke fasilitas kesehatan, karena kondisi ekonomi yang tidak menentu bisa jadi memiliki biaya yang pas-pasan atau bahkan tidak memiliki sama sekali,” ungkap Ainul, Kamis, 17 Agustus 2023.

Wanita yang sudah bertahun-tahun mengabdikan dirinya sebagai guru ini juga menceritakan pengalamannya menggunakan program JKN sejak ia divonis sakit jantung pada tahun 2015 silam.

Ia menceritakan, sembilan tahun lalu, tiba-tiba dirinya banyak kali mengeluarkan keringat, badannya mulai terasa lelah dan nyeri dada seperti terasa ditekan oleh benda berat. Kemudian, dibawa ke IGD, dan dokter menyampaikan bahwa diringa menderita penyakit jantung serta harus dirawat inap selama satu minggu.

“Dari kejadian ini saya sudah menduga akan bergantung pada program JKN yang siap menjamin penuh seluruh biaya pengobatannya. Dan ternyata benar setiap tahunnya saya pasti pernah dirawat inap di rumah sakit, paling lama saya pernah dirawat inap selama setengah bulan pada bulan puasa tahun lalu,” kata Ainul.

Ainul juga menambahkan bahwa ia pernah dititipkan di ruang rawat inap VIP selama tiga hari dikarenakan ruang rawat inap kelas 1 penuh ketika dirinya dirawat di Rumah Sakit Cut Mutia Langsa.

“Ada satu kejadian yang membuat saya sangat terkesan menggunakan Program JKN, saya pernah dilarikan ke IGD Rumah Sakit Cut Meutia Kota Langsa dan pada saat itu kamar penuh. Akibat kejadian ini saya dirawat diruangan VIP selama tiga hari sampai kamar kelas satu ada yang kosong barulah saya dipindahkan sesuai haknya,” terang Ainul.

Hal ini menggambarkan, bahwa rumah sakit memberikan solusi terbaiknya kepada setiap masyarakat jika mengalami kendala seperti yang dihadapinya.

Selama sembilan tahun menggunakan program JKN, Ainul merasakan setiap perbaikan mutu pelayanan yang terus ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan mulai dari pelayanan yang sangat baik, pelayanan administrasi yang mudah maupun dari pelayanan medis.

Pelayanan sekarang sangat bagus sekali, sekarang berobat cukup menggunakan KTP saja sudah bisa dilayani. Pelayanan di rumah sakit pun sangat memuaskan, para petugas berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pasien dengan ramah serta tanpa membeda-bedakan pasien.

Dirinya berharap agar program JKN selalu memberikan kemudahan kepada pesertanya dan untuk masyarakat juga harus mengubah pola pikirnya tentang kesehatan sebagai Warga Negara Indonesia yang sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis serta mudah sejak adanya program JKN.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI