29.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Siswa Fatih Bilingual School Raih Medali Perunggu Pada Ajang IPhO Jepang

BANDA ACEH | ACEH INFO — Muhammad Arif Khalfani Ismail siswa  yang saat ini duduk dikelas 12 SMA Fatih Bilingual School, Banda Aceh, berhasil meraih medali perunggu pada ajang International Physics Olympiad (IPhO) di Tokyo, Jepang.

Kepulangan Muhammad Arif Khalfani Ismail ke Aceh, Sabtu, 12 Agustus 2023 pukul 17.35  WIB dijemput oleh Kadis Pendidikan Aceh Drs .Alhudri, MM yang diwakili oleh Kacabdin Banda Aceh – Aceh Besar Syarwan Joni, S.Pd.,M.Pd bersama Kepala Sekolah SMA Fatih ilingual School Sudarman, S.Sos.M.Pd, serta para guru dan siswa Fatih Bilingual School.

Muhammad Arif Khalfani Ismail dikenal sebagai siswa menyukai ilmu fisika. Ia menyukai mata pelajaran tersebut karena bisa mengetahui bagaimana dunia ini bekerja. Putra pasangan Yusni dan Ismail Sabri tersebut memiliki segudang prestasi. Alfa sapaan akrab Muhammad Arif Khalfani Ismail, remaja asal Lueng Bata, Banda Aceh ini sudah menekuni dunia olimpiade semenjak duduk di Sekolah Dasar (SD). Berbagai kompetisi diikutinya, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional hingga internasional.

Sosok yang gemar bermain catur dan basket ini kembali berjuang di tingkat yang lebih tinggi yaitu untuk menjadi Timnas di ajang International Physics Olympiad (IPhO) dan Asian Physics olympiad (APhO). Persaingan yang sangat ketat ia jalani sampai akhirnya berhasil mendapatkan satu kursi untuk perwakilan Indonesia di ajang APhO yang diadakan di Ulaanbaatar, Mongolia, 21-29 Mei 2023.

Belum memperoleh medali di ajang APhO, Alfa kembali berjuang pada kompetisi IPhO. Melalui proses yang panjang bersaing dengan 28 siswa siswi terbaik Indonesia pemenang ajang talenta Olimpiade Sains Nasional (OSN), Alfa berhasil merebut satu dari 5 kursi sebagai Timnas pada ajang The 53th International Physics Olympiad (IPhO) tahun 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 17 Juli di Tokyo, Jepang.

Prestasi yang sangat membanggakan terukir dalam sejarah. Alfa menjadi siswa Aceh pertama yang berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia pada ajang IPhO. Berdasarkan rilis resmi KBRI Tokyo, 5 siswa dari Indonesia berhasil meraih hasil yang luar biasa dengan berkompetisi melawan 394 peserta dari 80 negara yang turut ambil bagian dalam International Physics Olympiad (IPhO) ke-53.

Kisah keberhasianya ini diperoleh Alfa tidaklah didapatkan secara instan, butuh kerja keras serta pengorbanan. Ia bahkan sempat gagal dan terpuruk dalam perjalanan menggapai mimpinya itu. Alfa mengaku sempat terpuruk saat pertama kali mencoba olimpiade fisika nasional, akan tetapi tidak ada kata menyerah dalam jiwanya, ia bangkit dari keterpurukan hingga memenangkan medali pada ajang olimpiade bergengsi di dunia tersebut.

“Kita  harus mengorbankan banyak waktu untuk terus belajar, motivasi yang kuat terus mendorong Alfa untuk giat, meski awalnya sulit namum terus memacu dirinya walaupun harus mengorbankan waktu bermain demi belajar. Dukungan orang tua dan sekolah menjadikan support sistem untuk saya, karena salah satu motivasi saya, sukses adalah membahagiakan orang tua dengan segala prestasi,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMA Fatih Bilingual School, Sudarman, S.Sos.M.Pd mengaku sangat bangga dan mengapresiasi keberhasilan anak didiknya berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Bagi Sudarman, Alfa merupakan sosok sangat terorganisir, memiliki rasa keingintahuan dan kemauan belajar  tinggi, sehingga membuatnya selalu dapat mengembangkan keterampilannya.

“Alfa adalah seorang siswa yang memiliki karakter baik dan sangat tekun belajar. Kesehariannya diisi dengan rencana-rencana yang terorganisir dengan baik dan rutin. Meskipun hidupnya serba berkecukupan dan penuh prestasi, dia selalu menunjukkan sikap sederhana dan rendah hati,” jelas Sudarman.

Selain itu tambah Sudarman, Alfa memang sering disibukkan dengan aktivitas  olimpiade, namun kehidupan sosialnya juga berjalan sangat baik, dengan lingkungan maupun kawan-kawannya Sudarman berharap, prestasi Alfa menjadi motivasi untuk murid lainnya agar sukses dalam bidang apapun. “Semoga prestasi ini bisa menjadi pemantik semangat untuk siswa lain dalam meraih prestasi gemilang kedepannya,” tutur Sudarman.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang diwakili oleh Kacabdin Banda Aceh – Aceh Besar Syarwan Joni, S.Pd.,M.Pd mengapresiasi dan mengucapkan selama kepada Muhammad Arif Khalfani Ismail alias Alfa. Pelajar Sekolah Menengah Atas Fatih Bilingual School itu meraih medali perunggu pada International Physics Olympiad (IPhO) 2023 di Tokyo, Jepang.

“Saya benar-benar bangga terhadap pencapaian Alfa. Dia membawa kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami. Terima kasih. Saya berharap pencapaian ini tetap dipertahankan dan dijadikan motivasi bagi pelajar lain,” kata Syarwan Joni.

Syarwan juga berharap pencapaian itu meningkatkan motivasi Alfa untuk terus membangun reputasi di dunia internasional. Dia mengatakan apa yang dilakukan Alfa sama seperti langkah yang dilakukan oleh orang-orang hebat di negeri ini dalam memperkenalkan diri dan negara pada dunia internasional.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI