29.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Soal Kaburnya Napi Bandar Narkoba, Nasir Djamil: Diduga ada Keterlibatan Pihak Lapas

LANGSA | ACEH INFO – Anggota DPR RI, Nasir Djamil menegaskan, bahwa terkait kaburnya napi bandar narkoba, Usman Sulaiman dari Rumah Sakit dr Zubir Mahmud, pada Sabtu, 3 Juni 2023, diduga ada keterlibatan pihak Lapas Kelas II B Idi.

“Sangat tidak masuk akal terpidana itu bisa kabur tanpa bantuan dari oknum-oknum dalam Lapas,” sebut Nasir Djamil, kepada acehinfo.id, Minggu, 4 Juni 2023.

Politisi Partai PKS ini meminta kepada Kakanwnil Kemenkumham Aceh untuk segera mencopot dan nonaktifkan Kalapas Idi dan KPLP serta petugas yang menjaga terpidana itu di rumah sakit.

Baca juga: Seorang Napi Bandar Narkoba Lapas Idi Melarikan Diri dari Rumah Sakit

Kemudian, periksa mereka secara intensif. Kerjasama dengan lembaga terkait agar dapat dilacak dengan siapa saja terpidana yang kabur itu berkomunikasi sebelum melarikan diri dan siapa saja yang membantu pelarian terpidana itu.

“Saya menduga pelarian ini sudah direncanakan secara matang dan melibatkan juga orang luar Lapas,” ucap Nasir Djamil.

Baca juga: Kronologi Kaburnya Napi Bandar Nakoba dari Rumah Sakit

Selain itu, anggota Komisi III DPR RI ini juga menduga ada setoran dan aliran uang kepada oknum-oknum tertentu baik di Lapas maupun oknum di pusat terkait kaburnya terpidana bandar narkoba tersebut.

Lanjutnya, ia tidak yakin terpidana bandar narkoba yang kabur itu bisa ditemukan. Sebab dana untuk mengejar napi yang kabur tidak dianggarkan.

Baca juga: PMII Pertanyakan SOP Pengawalan Terhadap Napi Bandar Narkoba yang Kabur

Nasir Djamil juga menduga kaburnya terpidana bandar narkoba tersebut erat kaitannya dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang akan berlangsung tahun 2024.

“Bisa jadi para bandar narkoba di Aceh akan mencuci uang mereka dengan cara membiayai kekuatan politik dan orang politik tertentu utk bertarung dalam konstestasi Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2024 mendatang,” tegas Nasir Djamil.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI