28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Zulfan Puji Kecanggihan Fitur Antrean Online Mobile JKN

LANGSA | ACEH INFO – Keberadaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Program ini, banyak diminati oleh masyakat karena dapat menghindari beban ganda atas kesulitan pembiayaan yang dihadapi saat ingin mengakses pelayanan kesehatan ketika sedang sakit.

Oleh karena itu BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN selalu memastikan seluruh masyarakat mendapatkan layanan kesehatan terbaik diberbagai fasilitas kesehatan.

Begitulah halnya yang dirasakan Zulfan (22). pria kelahiran Kota Langsa ini mengaku telah membekali dirinya dengan perlindungan kesehatan menjadi peserta Program JKN.

Ia merasa, keberadaan JKN membuat dirinya menjalani aktifitas sehari-hari menjadi aman dari risiko biaya pelayanan kesehatan yang sewaktu-waktu bisa datang kapan saja.

Zulfan mengatakan dirinya sering mendengar infomasi dari orang-orang yang mengatakan bahwa menggunakan Program JKN sangat rumit untuk mengurus administrasinya di rumah sakit.

“Program JKN telah menyelamatkan banyak nyawa di Indonesia termasuk ayah saya sendiri. Pada tahun 2016 silam orang tua saya sempat dirawat satu bulan karena mengalami batu ginjal hingga dirujuk ke Medan,” kata Zulfan, Sabtu, 2 Juni 2023

Meskipun, ayahnya dirawat selama satu bulan di rumah sakit, seluruh biaya pengobatannya dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan.” Tidak ada kami membayar biaya tambahan saat menunjukkan Kartu KIS kepada petugas rumah sakit,” ujarnya.

Apalagi, sekarang akses pelayanannya sudah semakin mudah dan canggih dengan menunjukan KTP atau kartu KIS Digital pada aplikasi Mobile JKN. Sebaiknya kita harus mencari tahu dulu sumber setiap informasi yang kita dengar, jangan sampai kita termakan informasi hoax yang merugikan diri kita sendiri.

Selain memberikan banyak manfaat bagi pesertanya, BPJS Kesehatan telah menyediakan kanal layanan yang dapat mempermudah peserta dalam menjangkau pelayanan administrasi tanpa harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Ia mencontohkan, seperti pengurusan administrasi pendaftaran, memperbarui data diri, melakukan pengaduan dan layanan administrasi lainnya. Peserta JKN cukup mengakses kanal layanan digital yang disediakan oleh BPJS Kesehatan diantaranya melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA), BPJS Kesehatan Care Center 165 dan Aplikasi Mobile JKN.

“Tidak hanya membantu ketika sakit, memiliki program ini juga tidak perlu merasa khawatir jika saya tidak memiliki biaya,” ucapnya lagi.

Menurutnya, program JKN sudah memberikan solusi bagi seluruh masyarakat dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat agar ketika kita memerlukan akses layanan tidak terkendala dengan biaya dan waktu.

Tak hanya itu, Zulfan juga pernah memanfaatkan fitur antrean online yang terdapat pada aplikasi Mobile JKN baru-baru ini. Cukup dalam genggaman saja, ia sudah bisa mengatur waktu untuk berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat dirinya terdaftar.

Tentunya semakin mudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena dapat memberikan kepastian layanan. Pada aplikasi Mobile JKN pun tertera berapa lagi sisa antrean sebelum kita akan dilayani jadi tidak perlu buru-buru ke faskes. Dan pastinya tidak perlu datang lebih awal untuk mendapatkan nomor antrean pertama.

Zulfan berharap agar masyarakat lebih menyadari pentingnya program JKN dan bagi masyarakat yang belum memilki aplikasi Mobile JKN agar segera mengunduh pada smartphone masing-masing.

” Semoga BPJS Kesehatan terus semangat melakukan sosialisasi inovasi-inovasi seperti ini hingga ke pelosok negeri. Sehingga inovasi tersebut dikenal dan dapat di manfaatkan masyarakat secara maksimal, sehingga akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan,” harapnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS