26.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Balon Bupati Firman Dandy Paparkan Program Aceh Timur Meusaneut di DPD Demokrat Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Bakal Calon (Balon) Bupati Aceh Timur, Dr. Firman Dandy SE, M.Si memaparkan Program Aceh Timur yang Beribadah dan Meusaneut di hadapan Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah (Tim 9) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Aceh.

Firman Dandy datang ke kantor DPD Demokrat Aceh, Jumat sore, 31 Mei 2024 untuk mengikuti fit and proper test sebagai Balon Bupati Aceh Timur setelah pada Jumat, 17 Mei 2024 lalu mendaftar ke DPD Demokrat Aceh.

Kadatangan pria kelahiran Rantau Peureulak, Aceh Timur, 21 November 1977 itu disambut Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD Demokrat Aceh Arif Fadillah bersama anggota tim yang terdiri dari  Iqbal Farabi, Muhammad Yunus Ilyas, H Muzakkar A Gani, Hendri Rachmadani, H Teuku Ibrahim,  dan Iswadi.

“Sangat menarik pemaparan visi misi dan penjabarannya, mencakup berbagai program untuk pembangunan Aceh Timur yang lebih baik ke depan,” kata Arif Fadillah usai mendengar pemaparan dan jawaban terhadap berbagai pertanyaan yang diajukan.

Baca Juga: Nazar Ajak Rakyat Aceh Cerdas Memilih Pemimpin

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Banda Aceh itu menanyakan berbagai hal kepada Firman Dandy dalam fit and proper test tersebut, mulai dari strategi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Aceh Timur, strategi penanganan tambang minyak ilegal, pembangunan sektor perikanan, hingga strategi pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

Hal yang sama juga disampaikan anggota tim penjaringan H Muzakkar A Gani. Ia menilai  Firman Dandy mampu menjawab pertanyaan dengan baik terhadap berbagai persoalan daerah yang dipertanyakan. “Kalau semua calon seperti Pak Firman  Dandy maka beres Aceh ini,” pujinya.

Begitu juga terhadap pertanyaan dari Iqbal Farabi dan Muhammad Yunus Ilyas terkait pengelolaan sektor perikanan, penataan kota, hingga upaya mencari sumber pendapatan daerah baru untuk menopang berbagai program pembangunan yang direncanakan.

Baca Juga: Penyaluran KUR di Aceh Capai Rp 4,33 Triliun

Firman Dandy dalam pemaparannya menjelaskan tentang visi mewujudkan Aceh Timir yang Beribadah, yakni berilmu, cerdas, Islami, bahagoa, damai dan baraqah di 2024-2029 sebagai pondasi kuat mencapai cita-cita besar Aceh Timur Meusaneut (ATM) di tahun 2045.

“Tahun 2045 Indonesia akan mengalami bonus demografi. Pondasinya harus diperkuat dari sekarang, kalau tidak disiapkan dari sekarang, maka akan lewat dan bisa menjadi petaka. Jadi, untuk 20 tahun ke depan kita sudah punya perencanaannya dari sekarang,” jelas Ketua Ikatan Alumni Universitas Samudera (IKA Unsam) tersebut.

Firman Dandy sebagai Doktor Program Studi Perencanaan Pembangunan lulusan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (USU) ini begitu fasih dan lancar menjelaskan seluk belum perencanaan pembangunan daerah, sesuai dengan latar belakang pedidikan dan pengalamannya selama 20 tahun sebagai birokrat di bidang perencanaan pembangunan dan anggaran daerah.

Baca Juga: Madu Hutan Ulu Masen Potensi Sumber Ekonomi Baru Aceh Jaya

Jika terpilih menjadi Bupati Aceh Timur, Firman Dandy menegaskan akan mewujudkan pembangunan sumber daya manusia seutuhnya dengan konsep sinkronisasi pendidikan umum, pendidikan berbasis dayah, pendidikan dan pelatihan vokasi, peningkatan prestasi olahraga, kesetaraan gender serta penguatan peran perempuan, penguatan peran pemuda dan penyandang disabilitas.

“Kita akan bangun Aceh Timur ke depan dengan fokus membangun 7 kekuatan, yaitu : pemanfaatan sumber daya alam yang dihilirisasi dan diindustrialisasi; ketahanan pangan; seni budaya dan ekonomi kreatif; pariwisata halal, pemberdayaan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), entrepreneurship; dan digital ekonomi,” jelasnya.

Sementara terkait pengentasan kemiskinan, Firman Dandy menjelaskan perlu dilakukan dengan pola terpadu dan terintegrasi melalui pembangunan sistem pertanian yang memanfaatkan keterkaitan antara tanaman pangan, peternakan dan perikanan yang bersahabat dan selaras dengan alam.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS