26.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Ketua MIUMI Aceh Ajak Masyarakat Pesiapkan Diri Sambut Ramadhan

BANDA ACEH | ACEH INFO — Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Provinsi Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. mengajak umat Islam untuk mempersiapkan diri dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Hal ini disampaikan oleh ustaz Yusran dalam khutbah Jum’at, 17 Maret 2023 di Masjid Al-Badar Gampong Lampineung, Banda Aceh. “Tak terasa kita berada pada pekan terakhir bulan Sya’ban. Sebentar lagi kita akan kedatangan bulan suci Ramadhan. Maka sudah sepatutnya kita melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut Ramadhan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sudah sepatutnya setiap muslim mempersiapkan diri menyambut kedatangan Ramadhan, agar dapat memanfaatkan dan menyukseskan Ramadhan  dengan sebaik mungkin dengan beribadah secara maksimal, optimal, dan berkualitas.

Ustaz Yusran Hadi yang juga ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala, Banda Aceh ini menambahkan, untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan, perlu dilakukan berbagai persiapan baik fisik, jiwa, jasmani maupun rohani, materi maupun moril.

Anggota Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara ini menambahkan, di antara persiapan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penting dan perlu kita lakukan adalah persiapan ilmu dengan mempelajari fiqh puasa. Seorang muslim wajib mempelajari fiqh ibadah sehari-harinya, termasuk puasa.

“Untuk mengetahui cara berpuasa yang benar yaitu sesuai dengan petunjuk (sunnah) Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam, karena ibadah jika dikerjakan tidak sesuai dengan petunjuk Rasul shallahu ‘alaihi wa sallam maka tidak akan diterima oleh Allah ta’ala. Oleh karena itu, agar ibadah kita diterima oleh Allah ta’ala, maka seseorang wajib beribadah sesuai dengan petunjuk Rasul shallahu ‘alaihi wa sallam,” tegasnya.

“Persiapan ilmu ini wajib dilakukan oleh seorang muslim ketika memasuki bulan Ramadhan. Dengan mempelajari Fiqh puasa maka ia dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan hukum puasa seperti rukun puasa, sunat atau adab puasa, hal-hal yang membatalkan puasa dan sebagainya.”

Persiapan lainnya adalah memberi kabar gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan kepada umat Islam melalui khutbah, ceramah, pengajian dan tulisan. Hal ini sesuai dengan sunnah Rasul shallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau senantiasa memberi kabar gembira menjelang kedatangan Ramadhan. Beliau memberi kabar mengenai kepada para sahabat beliau dengan menjelaskan berbagai keutamaan bulan Ramadhan.

Abu Hurairah, ia berkata, “Ketika menjelang kedatangan bulan Ramadhan, Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,“Telah datang kepada kamu syahrun mubarak (bulan yang diberkahi). Diwajibkan kamu berpuasa padanya. Pada bulan tersebut pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu. Padanya juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalang kebaikan pada malam tersebut, maka ia telah terhalang dari kebaikan tersebut.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).”

Ketiga, menjaga kesehatan dan stamina fisik. Persiapan fisik agar tetap sehat dan kuat pada bulan Ramadhan sangat penting. Mengingat kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Orang yang sehat dapat melakukan ibadah dengan baik dan penuh semangat. Namun sebaliknya bila seseorang sakit, maka ibadahnya sangat terganggu dan tidak semangat.

“Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam  memberi nasehat kepada seorang laki-laki dengan sabdanya, “Pergunakanlah lima (kesempatan) sebelum  (datang) lima (kesempatan lain);: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)”

Keempat, membersihkan rumah, masjid, mushalla/surau dan lingkungan. Islam memerintahkan kita untuk selalu hidup bersih dan sehat. Hal ini terbukti dengan perintah Islam untuk berthaharah (membersihkan) baik badan  maupun tempat ibadah,. Bahkan menjadi wajib ketika ketika kita mau shalat atau melakukan ibadah lainnya semisalnya.

Kelima, persiapan finansial (keuangan). Bulan Ramadhan merupakan bulan amal shalih. Di antara shalih shalih yang sangat digalakkan pada bulan Ramadhan adalah berinfak dan bersedekah. Hal ini sesuai dengan sunnah Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Maka, sudah sepatutnya seorang muslim dalam Ramadhan mengikuti kedermawaan Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam.

“Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, dan sikap kedermawaannya semakin  bertambah pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril menemuinya untuk mengajarkan al-Qur’an kepadanya. Dan biasanya Jibril mendatanginya setiap malam pada bulan Ramadhan untuk mengajari al-Qur’an. Sungguh Rasulullah sangat dermawan  melebihi angin yang berhembus.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). ”

Keenam, persiapan jiwa dan mental. Hendaklah kita menyambut bulan Ramadhan dengan rasa penuh kegembiraan dan tulus hati serta jiwa yang bersih (taubat). Siapkan diri untuk melakukan berbagai amal shalih dan ibadah pada bulan Ramadhan. Karena pada bulan ini kita akan beribadah puasa dan lainnya dengan maksimal dan fulltime selama sebulan penuh.

Di akhir khutbahnya, ustaz Yusran yang juga Doktor spesialis Fiqh dan Ushul Fiqh lulusan International Islamic University Malaysia (IIUM) mengajak umat Islam untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan hati yang gembira.

“Demikianlah di antara berbagai persiapan yang dapat kita lakukan dalam menyambut kedatangan tamu yang agung dan mulia yang bernama Ramadhan. Mari kita sambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, keimanan dan keikhlasan. Raihlah berbagai keutamaan yang dibawa oleh Ramadhan dengan melakukan berbagai amal shalih sesuai sunnah (petunjuk) Rasul shallahu ‘alaihi wa sallam . Semoga ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah ta’ala. Amin..!” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI