27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Anggota DPRA Minta BKSDA Cari Solusi Persoalan Koflik Satwa liar

BANDA ACEH | ACEH INFO —  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Muhammad Rizky meminta Pemerintah Aceh dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) harus mencari solusi konkrit terhadap konflik satwa liar yang terus terjadi di Aceh. Seperti yang baru di perkampungan warga di Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan pada Senin, 27 Mei 2024.

Permintaan itu disampaikan anggota DPRA dari Fraksi Golkar Muhammad Rizky. Ia meminta Pemerintah Aceh dan BKSDA agar memsukkan persoalan tersebut sebagai masalah prioritas yang harus dicari solusi konkrit sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kerugian akibat konflik dengan satwa liar.

“Konflik satwa liar dengan manusia terjadi karena terputusnya koridor satwa karena ada pengalihan fungsi lahan yang massif sehingga satwa mencari tempat baru untuk mereka tinggal dan mencari makan. Dulu jarang kita dengar ada kasus seperti ini. Makanya ini harus dicarikan solusi bersama karena konflik yang terjadi banyak terjadi di jalur migrasi Satwa yang berdekatan dengan pemukiman penduduk,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu, 29 Mei 2024.

Lebih lanjut, Muhammad Rizky menyampaikan, kondisi ini sangat memprihatikan. Di satu sisi mengancam keselamatan masyarakat dan menimbulkan kerugian secara materil, disisi lain, perlu juga menjamin keberlangsungan hidup satwa liar.

“Makanya, kami mendesak Pemerintah Aceh memanggil seluruh pihak terkait untuk segera mencari solusi yang bijak dan keberlanjutan. Dan DPRA juga siap mendampingi masyarakat. Kita harap masyarakat harus selamat, satwa liar juga harus hidup,” tegasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS