26.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

BPKS Rogoh Kocek Rp 17,5 Miliar Bangun Jalan Balu-Lapeng Pulo Aceh

PULO ACEH | ACEH INFO – Jalan Balu-Lapeng sepanjang 3,8 Kilometer dengan lebar 4 meter di Pulo Aceh, Aceh Besar, kini telah siap dibangun. Jalan tersebut menelan duit sebesar Rp 17.589.900.000 bersumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara DIPA Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Tahun Anggaran 2021.

Ruas jalan yang menjadi satu-satunya jalur darat penghubung Gampong Lapeng dengan desa lain tersebut turut dilengkapi dengan lampu penerang.

Seremonial peresmian jalan Balu-Lapeng dilaksanakan Sabtu, 22 Januari 2022.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat meresmikan jalan Balu-Lapeng mengharapkan jalan ini dapat memberikan nilai tambah bagi Pulo Aceh. Selain itu, jalan tersebut juga diharap menjadi pemicu majunya aktivitas ekonomi di pulau yang termasuk dalam kawasan BPKS tersebut.

“Infrastruktur jalan ini merupakan hak mutlak yang mesti ada di Pulo Aceh, yang notabene masuk ke dalam Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang. Maka dari itu saya berharap BPKS sebagai lembaga negara non struktural yang berikan kewenangan mengelola kawasan Sabang, agar tidak mengalihkan fokusnya dari Pulo Aceh, karena kawasan ini memiliki banyak potensi unggulan yang bisa dikembangkan ke depan,” kata Nova seperti disebutkan dalam siaran pers Biro Humas Pemerintah Aceh.

Pulo Aceh juga diharapkan dapat maju seperti kawasan Sabang. Untuk itu, dukungan transportasi menjadi syarat utama dalam memajukan Pulo Aceh sehingga perlu ditingkatkan agar akses menuju dan keluar dari daerah tersebut lebih mudah.

BPKS dalam kesempatan tersebut juga diminta untuk memprioritaskan pembangunan dan pengembangan Pulo Aceh, sebagaimana yang dilakukan di Sabang. Salah satunya adalah dengan memperhatikan potensi-potensi yang dimiliki kecamatan kepulauan ini.

Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya telah membangun ruas jalan di Pulo Aceh sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, menurutnya, BPKS telah merampungkan empat ruas jalan di Pulo Breuh dan Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh.

Ke empat ruas jalan itu yakni Jalan Balu – Lapeng sepanjang 3,8 Kilometer, Pemeliharaan Jalan Alue Raya sepanjang 300 Meter, Pembangunan Jalan Blangsitungkoh – Lampuyang (lanjutan) sepanjang 400 Meter.

“Kemudian, Peningkatan dan Pemeliharaan Jalan Lamteng – Deudap sepanjang 400 Meter,” ujar Iskandar.

Selain itu, lanjut Iskandar, pada tahun 2022 ini BPKS juga telah mengalokasikan anggaran ke Pulo Aceh sebesar 12 Miliar lebih yang akan diperuntukkan untuk sejumlah pembangunan, pemeliharaan hingga pengadaan tanah untuk pembangun jalan.

Iskandar pada kesempatan itu juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga semua fasilitas yang telah terbangun di kawasan itu.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI